Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Penandatanganan MoU antara Kadin Indonesia dengan IHK (KADIN) Trier Jerman

Jakarta – Trier, vokasi.net – Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya perjanjian kerja sama (MoU) antara Kadin Indonesia dengan IHK (KADIN) Trier ditandatangani kedua belah pihak pada hari Kamis 14 April 2022. Penandatanganan dilakukan secara virtual melalui media online. Hadir pada acara tersebut dari pihak KADIN Indonesia: Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, Wakil Ketua Umum  Bidang Ketenagakerjaan Adi Mahfudz beserta beberapa pengurus terkait. Sedangkan dari pihak IHK Trier hadir CEO KADIN Trier Jan Glockauer, Koordinator Program Kemitraan IHK Trier di Indonesia Andreas Gosche, dan staf Program Kemitraan yang mengikuti acara ini di Semarang.

Kerja sama akan berlangsung sampai Maret 2024 dan poin-poin yag dikerjasamakan meliputi:

  • Dukungan dalam penyusunan sebuah konsep/ national framework yang koheren tentang peran dan tugas-tugasnya dalam pendidikan dan pelatihan vokasi.
  • Memperkuat organisasi dan kompetensi staf vokasi KADIN Indonesia.
  • Dukungan dala penyusunan roadmap dan instrumen standarisasi sistem pendidikan dan pelatihan vokasi  (standar kompetensi, kurikulum dan sertifikasi siswa, standar kualifikasi penerimaan peserta pelatihan vokasi, standar kualifikasi dan sertifikasi perusahaan sebagai penyelenggara pelatihan vokasi, standar kualifikasi dan sertifikasi pelatih tempat kerja, standar kriteria penjaminan mutu penyelenggaraan pelatihan vokasi)
  • Penerapan instrumen dan konsep vokasi diujicobakan di 4 sekolah vokasi dan perusahaan (anggota KADIN) untuk meningkatkan keterampilan karyawan.
  • Sistem kualifikasi pelatih tempat kerja diterapkan oleh KADIN Indonesia dalam pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia.
  • KADIN Indonesia mendapat dukungan khusus untuk mengembangkan kompetensi menjadi Center of Excellence yang kompeten bagi dunia usaha dan dunia industri maupun pemerintah melalui KADINDA dalam hal pendidikan dan pelatihan vokasi sistem ganda.
  • Portal vokasi.net digunakan oleh KADIN Indonesia untuk memberikan informasi, menjalin hubungan dan melakukan dialog tentang tema pendidikan dan pelatihan vokasi.

(Admin vokasi.net)

Leave a Reply