Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Perbedaan Program S1 dan D4, Mau Pilih yang Mana Usai Lulus Sekolah?

Jakarta, 25 Februari 2022 – Apakah calon mahasiswa masih bingung apa perbedaan program sarjana (S1) dengan Sarjana Terapan atau Diploma Empat (D4)? Meski kedua program ini adalah setara namun ada perbedaannya juga, lo.
Program S1 maupun D4 sama-sama ditempuh selama empat tahun dan mendapat gelar akademik. Namur gelar untuk D4 umumnya disebut S. Tr. atau sarjana terapan, sedangkan untuk S1 diawali S atau sarjana.

Beda D4 dan S1:

1. Bobot Keilmuan
Mengutip akun Instagram resmi Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek, sarjana terapan dikatakan setara dengan sarjana karena bobot keilmuan program D4 setara dengan jenjang S1.

Perbedaannya terletak pada perbandingan bobot keilmuannya. Jika pada jenjang sarjana, bobot teori keilmuan berkisar 70% sedangkan bobot praktiknya sebesar 30%. Sebaliknya terjadi pada jenjang sarjana terapan.

2. S1 Fokus untuk Ahli Bidang Keilmuan
Dilihat dari fokus keilmuannya, lulusan program S1 difokuskan menjadi seorang ahli dalam suatu bidang keilmuan. Selama kuliah, mahasiswa dibentuk sebagai seorang akademisi dengan berbagai kemampuan mengolah dan mengaplikasikan teori ilmu pengetahuan.

3. D4 Fokus untuk Bidang Keahlian Kerja
Jenjang D4 akan fokus agar lulusan bisa mencari pekerjaan di bidang keahlian dan praktik. Selama kuliah, mahasiswa jenjang D4 akan belajar kemampuan praktik dan pengetahuan yang lebih lengkap dibandingkan jenjang D3, D2, dan D1.

Program D4 menyediakan banyak jurusan sesuai dengan kebutuhan praktik lapangan seperti jurusan akuntansi, teknik sipil, teknik desain komunikasi visual, teknik informatika dan komputer, dan administrasi.

Di Indonesia, umumnya setiap perguruan tinggi yang menyelenggarakan sekolah vokasi juga menyediakan program kuliah jenjang D4. Perguruan tinggi negeri atau swasta menyediakan jenjang pendidikan tersebut.

Beberapa perguruan tinggi Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi D4 dan S1 antara lain Universitas Indonesia (UI), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), hingga Universitas Airlangga (Unair).

SUmber asli:  https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5958530/perbedaan-program-s1-dan-d4-mau-pilih-yang-mana-usai-lulus-sekolah.

 

Leave a Reply