Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Kadin Jatim Gelar Pelatihan Kerja Internasional di Gresik

Gresik (beritajatim.com), 21/03/2022- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menggelar pelatihan kerja internasional bagi lulusan SMK maupun perguruan tinggi di Gresik. Pelatihan ini dimaksudkan agar pelajar/mahasiswa saat lulus sudah memiliki kompetensi di bidangnya.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan, melalui pelatihan kerja ini harapannya mereka yang mendapatkan pelatihan bisa diterima perusahan. Karena secara tidak langsung meningkatkan produktivitas kerja.

“Saya kira ini penting sekali, karena dilakukan harmonisasi antara kurikulum di sekolah dan kebutuhan di industri. Khususnya ketika ada siswa atau mahasiswa yang magang di suatu perusahaan sehingga saat lulus dan masuk ke dunia kerja, memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan industri,” katanya, Senin (21/3/2022).

Ada 20 peserta baik itu dari SMK industri maupun mahasiswa semester akhir dari teknik industri, yang mengikuti pelatihan selama enam hari itu.

Kadin Jatim dan Pemkab Gresik serta Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) juga menggandeng TRIER dari Jerman sebagai pemateri, dan penguji yang diwakili oleh Andreas Gosche melalui daring. Dipilihnya negara Jerman karena kualitas vokasinya yang nomor satu di dunia.

Sementara Bupati Fandi Akhmad menyatakan, permasalahan di Kabupaten Gresik selama ini salah satunya adalah pengangguran. Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya melalui pendidikan. “Pendidikan ini dilakukan dengan meningkatkan mutu dan kualitas. Yang salah satunya dilakukan dengan program-program pelatihan kerja seperti ini,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Gresik ini menambahkan bahwa sekarang sedang gencar-gencarnya mengupayakan perbaikan ekonomi paska pandemi. Baik dengan pemberdayaan UMKM maupun dengan meningkatkan produktifitas. “Perbaikan SDM juga harus diimbangi alias berjalan selaras. Apabila kualitas SDM kita baik, saya yakin pengangguran makin berkurang seiring dengan tumbuh pesatnya industri yang hadir di Gresik,” pungkasnya. [dny/suf]

Sumber asli: https://beritajatim.com/ekbis/kadin-jatim-gelar-pelatihan-kerja-internasional-di-gresik/

Leave a Reply