Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Implementasi Stranas Vokasi, Kadin Indonesia Undang Lembaga-lembaga Donor Jerman

Vokasi.net, 13/10/2022 – Peran dunia usaha dan dan dunia industri yang diwakili organisasi Kadin dalam pendidikan dan pelatihan vokasi semakin nyata. Melalui Perpres 68 th 2022, Permenko no 5 dan 6 KADIN mengemban amanah sebagai salah satu stake holder penting. Salah satu langkah nyata dalam implementasi amanat peraturan perundangan tersebut, Kadin Indonesia membentuk Pokja Vokasi dalam rangka menyusun langkah-langkah Kadin dalam implementasi Strategi Nasional (Stranas) Vokasi sesuai dengan Permenko PMK no 6 tahun 2022 di atas.

Dalam rangka implementasi Stranas Vokasi, Kadin Indonesia melalui Pokja Vokasi mengundang lembaga-lembaga donor dari Jerman yang selama ini terlibat aktif dalam pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia, pada hari Kamis tanggal 13/10/2022.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Prof. Muliaman Hadad, Ph.D sebagai Ketua Pokja Vokasi Kadin Indonesia. Dari pihak Kadin Indonesia, hadir beberapa anggota Pokja Vokasi, sementara dari pihak Jerman hadir lembaga-lembaga bantuan Jerman yang aktif dalam vokasi diantaranya: Program Kemitraan IHK Trier, GIZ -TSR,  GIZ-ISED, EKONID dan kfW.

Phillip Johansen yang memimpin delegasi Jerman menyampaikan gambaran umum mengenai status aktivitas lembaga-lembaga bantuan Jerman dalam bidang vokasi selama ini. Sementara itu Prof. Muliaman dalam presentasinya menyampaikan tentang peran KADIN dalam reformasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia. Kadin Indonesia memandang bahwa Perpres 68 tahun 2022 memberikan energi baru, menyajikan pandangan menyeluruh terkait ekosistem pendidikan dan pelatihan vokasi (TVET).

Tujuan dari pertemuan ini adalah:

  1. Mengkonfirmasi ulang cakupan kerja sama yang sudah ditetapkan dan sedang berjalan dengan lembaga-lembaga donor Jerman.
  2. Memastikan Stranas Vokasi sebagai dasar dalam kerjasama pendidikan dan pelatihan vokasi.
  3. Mendiskusikan lebih dalam mengenai dukungan Jerman untuk mencapai target KADIN sesuai dengan amanah dalam Stranas Vokasi.

Kadin Indonesia berharap kemitraan yang dijalin dengan lembaga-lembaga donor Jerman selama ini lebih ditingkatkan dan in-line dengan Stranas Vokasi. (Admin)

Leave a Reply