Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Hari ini, EDUKADIN Jateng Meresmikan Program Persiapan Ausbildung di Jerman Angkatan Ke-2

Vokasi.net, 17/10.2022 – Bertempat di Hotel Grand Candi Semarang, hari ini, Senin 17 Oktober 2022, EDUKADIN Jawa Tengah meresmikan program persiapan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Sistem Ganda (Duale Ausbildung) di Jerman angkatan ke-2. Program ini diikuti oleh 24 orang anak muda yang akan belajar profesi melalui pendidikan dan pelatihan vokasi sistem ganda (Duale Ausbildung) di sektor perhotelan di Jerman. Ke dua puluh empat anak muda tersebut sebelumnya akan mengikuti kursus Bahasa Jerman di sini selama kurang lebih 8 bulan yang akan dimulai pada bulan November mendatang. Selain kursus Bahasa Jerman, mereka juga akan diberikan kursus tambahan mengenai pengetahuan tentang sistem ganda di Jerman, bagaimana hidup dan belajar di Jerman, budaya orang Jerman, sharing pengalaman dengan para pemagang yang sudah berada di Jerman, perkenalan dengan perusahaan dan sekolah vokasi di Jerman, dll. Rencana pemberangkatan angkatan ke-2 ini akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun depan. Sebelumnya, pada angkatan pertama EDUKADIN Jawa Tengah sudah mengirimkan 13 orang anak muda untuk belajar profesi yang sama.

Acara peresmian dihadiri oleh para pejabat dari Kadin Jawa Tengah di antaranya Ketua Dewan Kehormatan, Ketua Dewan Pertimbangan dan Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Harry Nuryanto. Dari pihak Jerman hadir Andreas Gosche Koordinator Program Kemitraan IHK Trier dan Ulrich Schneider Direktur Vokasi Kadin Trier yang hadir secara daring dari Jerman.

Program persiapan Ausbildung di Jerman angkatan ke-2 ini diresmikan oleh Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Harry Nuryanto. Pada sambutannya, Ketua Umum Kadin Jateng berharap para peserta dapat mengkuti program persiapan ini dengan sungguh-sungguh sehingga pada waktu sudah berada di Jerman nanti benar-benar sudah siap baik dari sisi kemampuan bahasa, fisik maupun mental.

Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas dalam rangka  Program Kerja Sama antara EDUKadin Jawa Tengah dengan IHK Trier Jerman. Tujuan dari program ini adalah untuk memperkenalkan kepada  anak muda yang berminat untuk belajar profesi tertentu agar memiliki informasi lebih dalam sehingga lebih siap jika akan belajar profesi tersebut.

Acara ini dapat dilihat di kanal Youtube Vokasi.net (Admin)

Leave a Reply