Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

EDUKADIN Jateng Selenggarakan Sosialisasi Pelatihan Pelatih Tempat Kerja Bersama Kadin Semarang

Vokasi.net, 19/10/2022 – Pelatih tempat kerja atau sekarang populer dengan istilah In-Company Trainer adalah jantung dari pendidikan dan pelatihan vokasi  sistem ganda. Dialah nantinya yang akan mengelola pelatihan vokasi di perusahaan dari mulai persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Selain itu seorang pelatih tempat kerja juga menjadi narahubung dengan pihak-pihak lain yang terlibat diantaranya dengan sekolah vokasi yang bermitra mauppun instansi lain yang terkait. Dengan adanya pelatih tempat kerja diharapkan pelatihan vokasi di industri baik yang berbentuk pemagangan, praktek kerja industri ataupun PKL dapat lebih terstruktur dari segi perencanaan, dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan dengan lebih baik kepada peserta prakerin/PKL melalui penerapan metodologi yang sesuai sehingga kualitas para peserta prakerin/PKL dapat memenuhi kebutuhan industri.

EDUKADIN Jawa Tengah bersama Kadin Kota Semarang hari ini 19 Oktober 2022 melaksanakan acara sosialisasi Pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional versi Dasar (AdAIB/Ausbildung der Ausbilder International Basis) bertempat di hotel Wimarion Semarang. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar pendidikan dan pelatihan vokasi sistem ganda, manfaatnya bagi perusahaan, peserta didik (siswa) maupun bagi sekolah dan pemerintah, penerapan sistem ganda di Indonesia serta memperkenalkan kurikulum dan konten Pelatihan AdAIB. Selain itu, disampaikan juga testimoni dari salah satu alumni pelatihan AdAIB yang berasal dari perusahaan PT. Hartono Istana Teknologi (produsen merk ”POLYTRON“) yang menyampaikan kesan dan pesan setelah mengkiuti pelatihan serta penerapan pasca pelatihan.

Sebagai informasi, Pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional versi Dasar (AdAIB dalam bahasa Jerman) adalah pelatihan yang diadaptasi dari Pelatihan Pelatih Tempat Kerja (Ausbildung der Ausbilder) di Jerman. Pelatihan berlangsung selama 5 hari pelatihan dan 2 hari ujian. Peserta yang lulus ujian akan diberikan sertifikat internasional yang dikeluarkan oleh Kadin Nasional Jerman (DIHK) melalui EKONID (Kadin bilateral Jerman-Indonesia). Pelatihan ini dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 2015 di Semarang, dan hingga saat ini sudah dilaksanakan sebanyak 67 angkatan dengan 800 lebih lulusan.

Setelah acara ini selesai diharapkan banyak peserta yang berminat dan mendaftarkan diri untuk ikut serta pada Pelatihan Pelatih Tempat Kerja (AdAIB) ini, yang akan dilaksanakan kurang lebih satu bulan ke depan di Semarang. (Admin)

Leave a Reply