Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Rumah Vokasi Gresik akan selenggarakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja berstandar Internasional

Vokasi.net, 01/12/2022 – Sadar akan pentingnya peran pelatih tempat kerja dalam pelaksanaan pelatihan vokasi di industri, Kadin Jatim mendorong Kadin-kadin daerah untuk melaksanakan pelatihan Pelatih Tempat Kerja di daerah. Untuk itu melalui Rumah Vokasi Gresik, akan diadakan pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional versi Dasar pada tanggal 12 – 18 Desember mendatang. Acara ini didukung oleh Program Kemitraan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi IHK (KADIN) Trier Jerman.

Bukan kali ini saja pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Kadin Jatim di daerah-daerah. Sebelumnya pelatihan ini telah dilaksanakan di berbagai kota/kabupaten di Jawa Timur diantaranya: Surabaya, Kota Malang, Kota Batu, Sidoarjo, Lamongan, Kediri, Mojokerto, Jombang.   

Dalam salah satu kesempatan, Ketua Umum Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto mengatakan bahwa Kadin Jatim aktif melaksanakan kegiatan ini di daerah-daerah dalam rangka ikut serta mengembangkan SDM berkualitas melalui vokasi. Salah satu yang menjadi faktor penting yg menentukan keberhasilan pelatihan vokasi adalah adanya pelatih tempat kerja yang kompeten. Pelatih tempat kerja berperan dalam mempersiapkan, membuat rencana pelatihan vokasi atau kurikulum industri, melaksanakan pelatihan dan mengevaluasinya. Dengan demikian hasil dari pelatihan di dalam industri menghasilkan SDM yang benar-benar kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional versi Dasar ini merupakan adaptasi dari pelatihan pelatih tempat kerja di Jerman yang disebut Ausbildung der Ausbilder (AdA). Pada pelatihan ini peserta akan diajari dan dilatih pedagogik profesi dan pedagogik kerja mencakup bagaimana mempersiapkan pelathan vokasi di perusahaan, menyusun rencana pelatihan vokasi, menggunakan berbagai macam metode pelatihan di industri serta mengevaluasi pelatihan vokasi. Pelatihan berlangsung 5 hari dan diakhiri dengan ujian berstandar Jerman. Peserta yang lulus ujian berhak mendapatkan sertifikat internasional yang dikeluarkan oleh Kadin Nasional Jerman (DIHK) melalui Kadin Bilateral Jerman – Indonesia (EKONID). (Admin-KY)

Leave a Reply