Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Dari pertemuan Kadin Indonesia dengan IHK Trier: Vokasi.net mau dibawa kemana?

Vokasi,net, Jakarta 5/12/2022 – Keberadaan sebuah situs internet pada masa sekarang menunjukkan eksistensi sebuah lembaga. Profil, kegiatan maupun berita-berita terkait lembaga tertentu dapat diumumkan secara luas melalui situs internet karena daya jangkau media ini tidak dibatasi oleh luas wilayah.

Demikian juga dengan hal-hal yang terkait dengan pengembangan vokasi. Pada saat diperlukan promosi tentang pentingnya pendidikan dan pelatihan vokasi dalam menciptakan SDM yang kompeten, maka media seperti situs internet sangatlah diperlukan.

Vokasi.net merupakan salah satu situs yang berfokus pada topik-topik terkait vokasi yang dikembangkan sejak taun 2019 oleh 4 organisasi Kadin yaitu: Kadin Indonesia, Kadin Jawa Tengah, Kadin Jawa Timur dan Kadin Daerah istimewa Yogyakarta. Pengembangan situs ini didukung oleh Program Kemitraan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi IHK Trier Jerman.

Situs ini dikelola secara kolaboratif dengan menunjuk perwakilan dari masing-masing Kadin sebagai administrator untuk vokasi.net. Pemeliharaan dilakukan secara bersama dan konten didapatkan dari kontribusi masing-masing administrator. Pada awalnya situs disepakati merupakan satu-satunya situs mengenai vokasi yang dikelola oleh organisasi Kadin yang ditujukan utamanya bagi perusahaan dan ke depan akan diserahkan kepemilikannya kepada salah satu Kadin yang aktif dalam pengelolaannya.

Namun demikian, pada perjalanannya ternyata saat ini Kadin Indonesia juga mengembangkan situs baru yang berfokus pada topik vokasi dengan alamat: kadin-vokasi.id. Secara konten bisa dikatakan situs ini masih kosong, namun dikatakan bahwa kedepan Kadin Indonesia akan menggunakan situs ini. Bagaimana nasib vokasi.net ke depannya?

Berlatar belakang permasalahan di atas, maka diadakan pertemuan antara Kadin Indonesia dengan BBP IHK Trier pada tanggal 5 Desember 2022, bertempat di kantor giz di Menara BCA Jakarta. Pertemuan inji dimaksudkan untuk mencari titik temu memecahkan permasalahan tersebut, karena 2 situs untuk topik yang sama dan dikelola oleh organisasi yang sama adalah tidak masuk akal.   

Hadir pada pertemuan tersebut dari giz sebagai tuan rumah adalah Phillip Johansen, Rudy Djumali dan Blessy Trinandha. Dari Kadin Indonesia Henrik Kuffner tenaga ahli CIM yang ditempatkan di Kadin Indonesia, Heru Dewanto sekretaris Pokja Vokasi Kadin Indonesia, Wisnu Wardhana pengurus Pokja dan Monica Balqis staf Kadin Indonesia. Dari IHK Trier hadir Andreas Gosche sebagai coordinator Program Kemitraan IHK Trier dan Kamaludin asisten dan sekaligus webmaster dari situs vokasi.net

Pada meeting tersebut Andreas Gosche menyampaikan terkait komitmen Kadin Indonesia dalam mengembangkan situs vokasi.net serta harapan bahwa Kadin Indonesia bisa memutuskan untuk hanya menggunakan satu identitas untuk situs vokasi. Karena dengan 2 alamat berbeda untuk topik yang sama akan membuat pengguna bingung.

Setelahnya Henrik Kuffner menyampaikan presentasi terkait “Website Strategy” yang tampaknya disusun oleh yang bersangkutan sendiri dan belum tersosialisasikan di kalangan anggota Pokja Vokasi. Hal ini terlihat dari respon pengurus Pokja Vokasi yang hadir pada waktu itu, yang tidak tahu mengenai konsep tersebut.

Pada akhirnya Heru Dewanto yang mewakili Pokja Vokasi Kadin Indonesia menyampaikan bahwa terkait situs vokasi, Pokja Vokasi Kadin akan menjadwalkan pertemuan internal untuk membahas hal ini dan memutuskan mana yang terbaik bagi Kadin Indonesia.  (admin)

Leave a Reply