Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Kadin Jatim Latih Calon-calon Konsultan Vokasi Kadinda Se-Jawa Timur

VOKASI.NET, Surabaya 06/02/2023 – Peran penting KADIN sebagai organisasi yang mewakili dunia usaha dan dunia industri di Indonesia dalam pembangunan SDM melalui vokasi sudah semakin nyata dengan terbitnya beberapa peraturan terkait revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi pada tahun lalu yaitu Perpres no 68, Permenko PMK nomor 5 dan nomor 6. Dengan demikian organisasi KADIN di setiap tingkatan baik tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten dan kota dituntut untuk berperan aktif dalam revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

Sadar akan peran penting tersebut, Kadin Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional versi Dasar (AdAIB) bagi calon-calon konsultan vokasi KADIN daerah pada tanggal 6 s.d. 10 Februari 2023 bertempat di KADIN Institut Surabaya. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta dari 10 Kadin Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para calon konsultan vokasi dengan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan pendidikan dan pelatihan vokasi. Pengetahuan-pengetahuan dasar ini perlu dimiliki oleh para calon konsultan vokasi ketika mereka berhadapan dengan perusahaan ataupun sekolah kejuruan/vokasi yang berkonsultasi ke Rumah Vokasi Kadin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kadin Jawa Timur telah mendirikan Rumah Vokasi yang pertama kali di Gresik pada bulan Juni tahun lalu yang diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur. Hingga saat ini Rumah Vokasi Gresik aktif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan konsultasi baik ke perusahaan maupun sekolah vokasi di Gresik melalui konsultan vokasi yang ditempatkan di sana.

Calon-calon konsultan vokasi yang dilatih pada pelatihan ini diproyeksikan untuk menjadi konsultan vokasi di Rumah-rumah Vokasi Kadin yang akan didirikan di masing-masing Kadin Kabupaten/Kota. Dengan demikian melalui langkah ini diharapkan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi bisa berjalan sampai ke daerah-daerah sejalan dengan Strategi Nasional Vokasi. (admin)

Leave a Reply