Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Ketua Umum Kadin Indonesia Serahkan Sertifikat Pelatih Tempat Kerja Double Degree untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Vokasi.net – Untuk pertama kalinya di Indonesia Kadin Jawa Timur melaksanakan 2 jenis ujian untuk Pelatihan Pelatih Tempat Kerja, yaitu ujian tingkat nasional dengan sertifikat berlogo Garuda dari BNSP dan ujian internasional dengan sertifikat dari IHK Trier Jerman. Dengan demikian para peserta yang sudah lulus di kedua ujian tersebut berhak memegang sertifikat double degree yaitu dari BNSP dan dari IHK Trier Jerman.

Uji kompetensi dilaksanakan melalui LSP Innas pada tanggal 11 Februari, sedangkan ujian internasional dilaksanakan pada Selasa 21 Maret yang lalu. 

Pelatihan sendiri diselenggarakan pada 6 – 10 Februari lalu dan diikuti oleh 17 peserta dari berbagai Kadin tingkat kabupaten dan kota di Jawa Timur. Peserta pelatihan PelatihTempat Kerja kali ini merupakan calon-calon konsultan vokasi yang nantinya akan terlibat aktif di rumah vokasi masing-masing kabupaten/kota. 

Penyerahan sertifikat Pelatih Tempat Kerja double degree ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid pada kesempatan kunjungannya ke Kadin Jatim pada hari Kamis 23 Maret lalu.

Ketua Umum Kadin Indonesia bersama Tim Penilai dari Kadin Indonesia mengunjungi Kadin Jawa Timur untuk melihat langsung aktivitas Kadin Jawa Timur dalam pengembangan UMKM dan dalam bidang vokasi.

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka Kadin Impact Award, yang merupakan salah satu upaya untuk menyemangati dan mengapresiasi usaha gotong royong Kadin se-Indonesia dalam mendukung pengembangan UMKM dan Vokasi. Program Kadin Impact Award ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Kadin-kadin di tingkat provinsi, kabupaten dan kota di dua area tersebut.

Pada kesempatan itu Arsjad mengungkapkan apresiasinya kepada Kadin Provinsi Jawa Timur atas Program Pelatihan Pelatih Tempat Kerja (AdAIB, In-Company Trainer) yang selama ini dilaksanakan dan dikerjasamakan dengan IHK Trier Jerman.

“Sebagai In-Company Trainer, para peserta pelatihan memiliki peran penting dalam meningkatkan kapabilitas SDM di perusahaan,” tambah Arsjad.

Pelatihan Pelatih Tempat Kerja atau sekarang dikenal dengan istilah In-CT (In-Company Trainer) memang sudah semakin marak penyelenggaraannya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan diterbitkannya Perpres 68 tahun 2022 yang diikuti oleh Permenko PMK no. 5 dan no. 6 tahun 2022, dimana salah satu poin yang ditekankan dalam Permenko PMK tersebut adalah menaikkan jumlah pelatih tempat kerja di Indonesia. (admin)

Leave a Reply