Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Siapkan 12 Rumah Vokasi, Kadin Jatim Latih Para Calon Konsultan Vokasi Kadin

VOKASI.NET – Dalam rangka mendukung program revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi sesuai Perpres 68/2022 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur berkomitmen melakukan percepatan dengan menyiapkan seluruh infrastruktur yang dibutuhkan. Salah satu program yang dilaksanakan adalah dengan mendirikan Rumah Vokasi dan Konsultan Vokasi di setiap kabupaten kota di seluruh Jatim.

Rumah Vokasi adalah rumah bersama bagi pihak-pihak penggiat pendidikan dan pelatihan vokasi baik dari lembaga pelndidikan, LPK, BLK maupun perusahaan yang menjalankan pelatihan vokasi. Rumah Vokasi bukan hanya melibatkan Kadin tetapi juga Asosiasi-asosiasi dan Dinas-dinas terkait di kabupaten dan kota setempat. =

Kadin Jatim menargetkan pendirian Rumah Vokasi di 12 kabupaten dan kota, yaitu Gresik, Surabaya, Kediri, Jombang, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Jember, Banyuwangi, Batu, Pasuruan dan Ngawi hingga akhir 2023.

Selain penyiapan infrastruktur, Kadin Jatim juga menyiapkan SDM yang nantinya akan menjalankan Rumah Vokasi yaitu para konsultan vokasi di masing-masing daerah. Untuk itu pada Kamis 23 Maret 2023 Kadin Jatim menyelenggarakan Pelatihan Konsultan Vokasi bekerja sama dengan IHK Trier Jerman.

Dalam pelatihan ini para peserta didorong untuk aktif mendiskusikan hal-hal fundamental yang harus diketahui oleh seorang konsultan vokasi diantaranya terkait prasyarat, tugas dan tanggung jawab, identifikasi referensi dan dokumen-dokumen yang harus dimiliki serta identifikasi target sasaran serta layanan yang harus diberikan.

Selain diskusi interaktif, dalam salah satu sesi pada pelatihan ini peserta juga dilatih untuk memecahkan kasus-kasus yang mungkin dihadapi oleh seorang konsultan vokasi. Kasus-kasus yang diberikan diujicobakan melalui metode bermain peran (role play).

Diharapkan pelatihan ini dapat menambah wawasan dan keterampilan para peserta ketika melaksanakan implementasi di lapangan.

Untuk selanjutnya dalam rangka mendukung program pengembangan konsultan vokasi Kadin, IHK Trier Jerman akan mendatangkan tenaga ahli Konsultan Vokasi dari IHK Trier pada bulan Mei mendatang. Kunjungan direncanakan akan dilaksanakan di Kediri, Batu, Pasuruan dan Surabaya. Diharapkan acara ini akan membantu para konsultan vokasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya di lapangan. (KM)

Leave a Reply