Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Kadin Jatim Maraton Laksanakan Pelatihan Konsultan Vokasi bagi Kadinda di 4 Wilayah.

VOKASI.NET, 10/05/2023 – Minggu ini merupakan minggu yang sibuk bagi Kadin Jawa Timur, karena sejak tanggal 9 Mei kemarin sampai tanggal 12 Mei nanti Kadin Jawa Timur melaksanakan pelatihan Konsultan Vokasi Kadin bagi 4 wilayah Kadinda di Jawa Timur.

Hari ini 10/05 pelatihan dilaksanakan di Kota Batu bagi Kadinda-Kadinda di wilayah Malang dan sekitarnya mencakup Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu. Sebelumnya 09/05 pelatihan yang sama dilaksanakan di Kota Kediri untuk Kadinda di wilayah Kediri dan sekitarnya mencakup Kota dan Kabupaten Kediri, Tulungagung, Jombang, Ponorogo, Madiun dan Magetan. Selanjutnya pada 11/05 pelatihan dilanjutkan untuk Kadinda-kadinda di wilayah Pasuruan dan sekitarnya mencakup Kota dan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Jember. Terakhir pelatihan dilaksanakan pada 12/05 untuk Kadinda-kadinda di wilayah Surabaya dan sekitarnya mencakup Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro dan Kabupaten Mojokerto.

Pembentukan konsultan vokasi di Kadinda-Kadinda oleh Kadin Jatim dapat dikatakan telah melalui proses yang cukup panjang. Pada bulan Juni satu tahun yang lalu, Kadin Jatim bersama IHK Trier melaksanakan seminar dan lokakarya Konsultan Vokasi Kadin dengan mendatangkan pembicara dari IHK Trier, Petra Schloz. Dan sepanjang minggu ini Kadin Jatim kembali melaksanakan pelatihan lanjutan bagi para konsultan vokasi bersama Petra Scholz yang merupakan seorang konsultan vokasi di IHK/Kadin Trier Jerman.

Pelatihan dibuka oleh Pj. Walikota Batu Aries Agung Paewai. Pada sambutannya Pj. Walikota Batu menyampaikan perlunya sinergi antara Kadin dengan Pemda setempat khususnya dalam pengembangan SDM melalui vokasi. Melalui pendidikan dan pelatihan vokasi dapat tercipta SDM-SDM yang kompeten yang nantinya akan berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian daerah.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto pada sambutannya menyampaikan bahwa intensnya aktivitas Kadin Jatim dalam pedidikan dan pelatihan vokasi di Jawa Timur merupakan tanggapan Kadin Jawa Timur atas permintaan dari DUDI maupun lembaga pendidikan vokasi di Jawa Timur dan juga sebagai langkah nyata dalam penerapan Perpres 68 tahun 2022 dan Permenko PMK no 5 dan 6 tahun 2022 tentang Strategi Nasional Vokasi.

Penyerahan sertifikat dan SK Konsultan Vokasi Kadin

Disaksikan oleh Pj. Walikota Batu, pada pembukaan pelatihan Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menyerahkan sertifikat dan SK penunjukan kepada 5 orang konsultan vokasi Kadin dari Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang. Saat ini jumlah total konsultan vokasi yang sudah dilatih dan diangkat se-Jawa Timur berjumlah 33 orang konsultan. 

 

Kadin Jatim saat ini merupakan satu-satunya Kadin yang memiliki konsultan-konsultan vokasi di Kadin-kadin daerah. Konsultan-konsultan vokasi ini diharapkan dapat membantu mengakselerasi pembangunan SDM di daerah melalui vokasi dan juga memberikan dukungan bagi pembentukan TKDV sesuai yang diamanatkan oleh Perpres 68 2022 dan Permenko 5 dan 6 tahun 2022. (admin)

Leave a Reply