Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Kadin Jatim Cetak Pelatih Tempat Kerja Internasional

Kepanjen– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Timur, berupaya untuk mencetak pelatih tempat kerja internasional versi dasar. Seperti yang telah terselenggara sebelumnya, kegiatan pelatihan pelatih tempat kerja internasional versi dasar atau Ausbildung de Ausbilder International Basic (AdAIB) ini menyasar peserta dari industri dan akademisi. Penyelenggaraan kali ini, adalah kolaborasi dan kerja sama apik antara Kadin Jatim dengan Industrie-und Handelskammer (IHK) Trier Jerman, dan Kadin kabupaten Malang. Bertempat di gedung pertemuan Stikes Kepanjen, sebanyak 20 peserta yang berasal  dari Malang, Pasuruan dan Sidoarjo antusias mengikuti kegiatan selama 5 hari, sejak 30 Oktober sampai 3 November 2023. Tercatat beberapa industri besar seperti PT Amerta Indah Otsuka, PT Indiratex Spindo, PT Rapid Plast, PT Juang Mandiri Sejahtera dan PT Transformasi Madani Indonesia. Sedangkan dari pendidikan vokasi, ada Stikes Kepanjen, Politeknik Negeri Malang, STIE Al-Rifa’i, SMK Muhammadiyah 7 (MUTU) Gondanglegi, SMK Putera Indonesia Malang, SMK Plus Al Maarif Singosari, dan SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. 

Menurut fasilitator pelatihan, Mohamad Reza Nurhardyansyah, bahwa penerapan  pendidikan sistem ganda di Indonesia sudah berjalan baik, namun hasilnya belum sesuai harapan. Hal ini disebabkan beberapa komponen pemagangan belum terpenuhi. Di sela-sela penyampaian materi awal, ia menuturkan bahwa salah satu yang menjadi unsur penting dalam pemagangan adalah adanya pelatih tempat kerja, unsur ini yang belum dimiliki oleh industri. Unsur lain yang juga menjadi faktor keberhasilan pendidikan dan pelatihan vokasi adalah adanya Rencana Pelatihan Vokasi (RPV) yang didalamnya memuat materi pelatihan dengan mempertimbangkan struktur waktu dilaksanakannya pemagangan. “Jika industri memilik RPV dan PTK, maka akan banyak manfaat yang diperoleh, selain brand perusahaan semakin bagus, dapat diperoleh juga tenaga kerja yang terampil dari hasil pemagangan” tambah pria yang saat ini menjadi asisten Program Kemitraan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi IHK (Kadin) Trier Jerman.

Semua peserta dari industri, juga menyambut baik pelatihan ini. Eko Kusbiyanto, HSC PT Amerta Indah Otsuka mengatakan adanya manfaat dari kegiatan ini, yaitu wawasan baru tentang pentingnya keberadaan PTK yang dapat mengelola pemagangan dengan baik. Ibu Tri Winarni dari PT Juang mandiri Sejahtera, juga mengatakan hal yang sama, seorang Pelatih Tempat Kerja yang sudah terlatih dan tersertifikasi tentu diharapkan dapat melatih pemagang dengan metodologi yang tepat. Sehingga kompetensi yang dilatihkan betul-betul terukur dan terstruktur.

Sumber: https://silvilink.com/2023/11/11/kadin-jatim-cetak-pelatih-tempat-kerja-internasional/ 

 

Leave a Reply