Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

FGD Penyusunan SKKNI Pelatih Tempat Kerja Vokasi Ganda dan Refreshment Master Trainer: Upaya Peningkatan Kualitas Pelatih Vokasi Sistem Ganda

KADIN Indonesia, bekerja sama dengan BPSDMI Kemenperin, SS4C Swisscontact, dan GIZ TSR, telah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan SKKNI Pelatih Tempat Kerja Vokasi Ganda. Acara ini akan berlangsung pada Kamis, 6 Juni 2024, pukul 08:30 – 12:00 WIB di Hotel Alana Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sejalan dengan arahan Revitalisasi Pendidikan Vokasi yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden No. 68 tahun 2022, langkah-langkah konkret terus diambil untuk memastikan kualitas pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia. Salah satu inisiatif yang menonjol adalah pengadaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia terkait Pelatih di Tempat Kerja Vokasi.

Acara dimulai dengan sesi pembukaan yang akan diisi dengan sambutan dari perwakilan Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan KADIN Indonesia. Setelah itu, Pak Saesario dari SS4C Swisscontact akan memaparkan pentingnya pelatihan pelatih di tempat kerja serta urgensi penyusunan SKKNI untuk memastikan kualitas pelatih vokasi. Selanjutnya, Pusdiklat Industri BPSDMI dan Stankom Kemnaker akan menjelaskan peran SKKNI dalam penyiapan SDM industri yang kompeten dan tahapan penyusunannya.

Diskusi interaktif akan mengajak peserta untuk memberikan masukan terkait roadmap penyusunan SKKNI dan membahas pembentukan Tim Sterring Komite, Tim Perumus, serta Tim Verifikator. Moderator untuk sesi ini adalah perwakilan dari Komtap Pendidikan Vokasi Kadin Indonesia, Komtap SKKNI Kadin Indonesia, dan Senior Master ICT, Bapak Kamaludin.

Tidak hanya itu, KADIN Indonesia bersama BPSDMI Kemenperin dan mitra internasional juga menggelar Refreshmen Master Trainer untuk Peningkatan Kualitas Pelatih di Tempat Kerja Vokasi. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 6 hingga 7 Juni 2024 di Hotel Alana Sentul, Bogor, Jawa Barat, dan bertujuan untuk melakukan pengkajian ulang dan penyegaran materi pelatihan bagi pelatih di tempat kerja, atau yang dikenal sebagai In-Company Trainer Trainer. Difasilitatori oleh para Senior Master Trainer yang berpengalaman, kegiatan ini melibatkan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau lesson plan dalam empat bidang tindakan: Persiapan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penyelesaian/Evaluasi.

 

“Pentingnya peran Pelatih di Tempat Kerja Vokasi sebagai motor utama dalam mengantarkan peserta pendidikan vokasi ke tingkat keahlian yang sesuai dengan profesi yang dipelajari, menjadi perhatian serius bagi Dunia Usaha dan Dunia Industri. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kompetensi pelatih di tempat kerja sehingga mampu memberikan pendidikan vokasi yang berkualitas sesuai dengan tuntutan pasar kerja,” ujar perwakilan KADIN Indonesia.

Acara ini diharapkan menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia, melalui kolaborasi dan kontribusi berbagai pihak yang terlibat dalam penyusunan SKKNI Pelatih di Tempat Kerja Vokasi serta peningkatan kompetensi para pelatih di tempat kerja. Mari bergabung dan bersama-sama kita wujudkan masa depan pendidikan vokasi yang lebih baik! 🌟

 

#Vokasi #PendidikanVokasi #SKKNI #KADINIndonesia #BPSDMIKemenperin #SS4CSwisscontact #GIZTSR #FGD #PendidikanIndonesia #PelatihVokasi #RevitalisasiVokasi #IndustriIndonesia #SDMKompeten #HotelAlanaSentul #Bogor #EventPendidikan #IndonesiaMaju

📸 @HotelAlanaSentul

Leave a Reply