Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Sistem Ganda Jerman: Kadin Jawa Tengah Kirim 17 Peserta ke Jerman

Sebanyak 17 peserta magang yang tergabung dalam program kerjasama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah melalui EDUKadin dengan IHK Trier, diberangkatkan menuju Jerman untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan vokasi sistem ganda Jerman pada 31 Juli 2024 yang lalu. Peserta yang terdiri dari 11 wanita dan 6 pria ini akan mengikuti pendidikan di sektor industri pariwisata selama kurang lebih 3 tahun, tersebar di 10 hotel dan 1 perusahaan katering di Jerman.

Ini adalah kesempatan besar bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam sistem vokasi yang terintegrasi dengan industri secara langsung. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka menjadi tenaga kerja yang siap bersaing di level internasional, khususnya dalam bidang perhotelan dan katering.

Para peserta terbang menggunakan Thai Airways pada pukul 12.35 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta dan menikmati transit 8 jam di Bangkok sebelum melanjutkan perjalanan ke Jerman. Setibanya di sana, mereka disambut dengan hangat oleh tim IHK Trier, termasuk Hana van de Braak dan Ibu Petra Scholz, yang akan mendampingi mereka selama masa adaptasi dan pendidikan.

Harapan dari program ini adalah agar peserta tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan karir mereka dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia dengan mengadopsi metode pendidikan ganda yang sudah terbukti sukses di Jerman.

Leave a Reply