Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Lokakarya Pengembangan STRADA Provinsi Jawa Timur

Surabaya, 21 Mei 2024 – Dalam rangka melanjutkan momentum positif dari hasil lokakarya sebelumnya pada tanggal 2 April 2024 terkait pengembangan Strategi Daerah (Strada) Vokasi, tim konsultan proyek TVET System Reform (TSR) kembali menggelar lokakarya penting di Surabaya. Tujuan utama acara ini adalah untuk mengkaji serta memberikan masukan yang relevan terhadap draft awal strategi yang telah disusun, sesuai dengan kondisi dan potensi provinsi Jawa Timur.

Acara dibuka dengan proses registrasi peserta, diikuti oleh rangkaian upacara pembukaan yang meliputi menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Berbagai pejabat terkait memberikan sambutan, termasuk Asisten Deputi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Kemenko Perekonomian, Asisten Deputi Pendidikan Vokasi dan Pendidikan Tinggi Kemenko PMK, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah IV Kementerian Dalam Negeri, serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan paparan mengenai Pemetaan dan Potensi Pengembangan Vokasi Daerah Provinsi Jawa Timur yang disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Timur. Kemudian, Implementation Manager beserta tim konsultan Proyek TSR GIZ memaparkan Draf Strategi Vokasi Daerah Provinsi Jawa Timur.

 

Tanggapan terhadap draf strategi ini diberikan oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. Sesi ini diikuti dengan diskusi dan tanya jawab yang melibatkan seluruh peserta.

Setelah istirahat, sholat, dan makan (ISHOMA), acara dilanjutkan dengan prakondisi dan pengantar diskusi kelompok yang dipandu oleh tim konsultan Proyek TSR GIZ. Peserta kemudian dibagi ke dalam dua kelompok kerja untuk mengkaji lebih dalam draft dokumen Strada Vokasi dan membahas masukan dari TKDV Jawa Timur. Lokakarya ini diakhiri dengan paparan hasil diskusi kelompok dan penyetujuan hasil draft dokumen Strada.

Leave a Reply