Jl. Bukit Darmo Raya No 1, Graha Famili Surabaya
+62 (31) 7349231
kadinjatim.sekretariat@gmail.com

Sharing, Masukan, dan Evaluasi Vokasi KADIN Capacity Development

Sharing, Masukan, dan Evaluasi KCD

Dengan diterbitkannya Peraturan Presiden RI nomor 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi diharapkan mampu memperkuat penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Hal ini didukung adanya berbagai kebijakan link and match antara Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) dengan Dunia Pendidikan. Kunci keberhasilan pendidikan vokasi tidak lepas dari peran serta DUDIKA, karena kemitraanpendidikan vokasi saat ini hendaknya berorientasi pada kebutuhan industri. Sehingga pendidikan vokasi dapat selaras dengan Pelatihan Vokasi di Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja(DUDIKA). 

KADIN Jawa Timur bersama dengan GIZ TSR Jerman telah sukses melaksanakan serangkaian kegiatan Program Perbaikan Kemitraan (PROPERMI) KADIN Capacity Development (KCD) yang telah berlangsung selama kurang lebih 6 bulan baik secara online maupun offline. Kegiatan ini berfokus kepada kurang lebih 40 perusahaan terpilih yang ada di Jawa Timur yang di dampingi selama serangkaian acara dengan berbagai bidang seperti Bidang Manufaktur, Jasa, Perhotelan, dan lain sebagainya. Kegiatan yang telah terlaksana ini memiliki berbagai rangkaian acara seperti program pelatihan Pelatih Tempat Kerja, Standar Kemitraan atau PROPERMI, Instrument Pelatihan Vokasi, Penilaian Pelatihan, Pengukuran Produktivitas, Cost and Benefit Analysis (CBA), Super Tax Deduction (STD), dan beberapa kegiatan lainnya.  Acara ini berfokus untuk membantu perusahaan untuk dapat memiliki pelatih tempat kerja sendiri, dan juga memberikan pendampingan terkait apa saja kebutuhan vokasi yang dibutuhkan oleh masing2 perusahaan. 

Peserta yang mengikuti Kegiatan Sharing

Adapun tahapan akhir yang dilaksanakan oleh KADIN Jawa Timur adalah melaksanakan kegiatan Sharing, Masukan, dan Evaluasi Vokasi – KADIN Capacity Development (KCD) Kegiatan Vokasi. Acara ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada tanggal 19 Maret 2023 dengan melibatkan perwakilan perusahaan yang telah mengikuti kegiatan PROPERMI. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar para perwakilan perusahaan yang terlibat dapat memiliki kesempatan untuk memberikan pendapatnya, input, serta umpan balik terhadap pelaksanaan program KCD serta refleksi bersama untuk peningkatan pelaksanaan sistem vokasi kedepan nya. Dalam kesempatan kali ini, para peserta diberikan waktu untuk memberikan tanggapan mereka terkait apa saja manfaat yang dapat mereka terapkan di masing-masing perusahaan setelah mengikuti seluruh rangkaian acara, tidak hanya itu peserta juga diberi kesempatan untuk mengutarakan apa saja kendala atau tantangan yang mereka hadapi terkait dengan kegiatan vokasi atau pemagangan di masing-masing perusahaan berdasarkan pada 4 materi bidang tindakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja yaitu Mempersiapkan, Merencanakan, Melaksanakan, dan Menyelesaikan pelatihan Vokasi. 

Sesi Diskusi

 

Leave a Reply